Jenis Ikan Laut Konsumsi yang Kaya Nutrisi

Jenis Ikan Laut Konsumsi yang Kaya Nutrisi. Negara Indonesia merupakan negara maritim dimana wilayah perairan lebih luas dari daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km dengan total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km2. Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif, dan hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan.

Sejak tahun 2002, Cina telah menjadi pengekspor ikan dan produk ikan terbesar di dunia. Pada tahun 2005, ekspor perikanan termasuk tanaman air setara dengan 7,7 miliar USD dengan Jepang, Amerika Serikat dan Republik Korea sebagai pasar utama. Negara yang menduduki peringkat kedua adalah Indonesia.

Ikan secara umum dan ikan laut secara khusus merupakan bahan pangan yang kaya akan yodium. Zat ini diperlukan oleh tubuh untuk dapat membentuk hormon tiroksin. Kandungan yodium yang terkandung dalam ikan mencapai 83 mikogram/100 gram ikan. Sementara daging hanya mengandung 5 mikrogram/100 gram.

Dengan demikian, konsumsi ikan laut yang tinggi dapat mencegah penyakit gangguan akibat kurangnya konsumsi yodium (GAKY). Sementara kandungan lemak pada ikan sebesar 70% terdiri dari asam lemak tak jenuh (Unsaturated Fatty Acid), sedangkan pada daging sebagian besar terdiri dari asam lemak jenuh (Saturated Fatty Acid).

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang absorpsi proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapi dan ayam. Daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek dari pada seratserat protein daging sapi atau ayam. Ikan juga kaya akan mineral seperti kalsium, phospor yang diperlukan untuk pembentukan tulang, serta zat besi yang diperlukan untuk pembentukan haemoglobin darah.

Ikan Tuna

Jenis ikan laut tertentu baik dikonsumsi dan bergizi tinggi. Contoh jenis perairan laut adalah salmon, cakalang, tuna, dan ikan kakap. Ikan laut baik dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil. Ikan laut mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan otak dan jantung. Asam lemak omega-3 ini bisa ditemukan di setiap jenis ikan, tetapi kandungan tertinggi ada pada ikan berlemak. Contoh jenis ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu ikan salmon, tuna, mackerel, sarden, dan ikan herring. Ikan laut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko depresi, dan kesehatan mental. Namun, Anda harus berhati-hati jika terlalu banyak konsumsi ikan dalam satu minggu. Idealnya, konsumsi ikan bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk gizi seimbang. Ikan kaya akan sumber protein dan rendah lemak. Konsumsi ikan cocok untuk anda yang ingin menjaga berat badan.



Ikan laut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko depresi, dan kesehatan mental. Namun, Anda harus berhati-hati jika terlalu banyak konsumsi ikan dalam satu minggu. Idealnya, konsumsi ikan bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk gizi seimbang. Ikan kaya akan sumber protein dan rendah lemak. Konsumsi ikan cocok untuk anda yang ingin menjaga berat badan.

Jenis Ikan Laut yang Umum untuk dikonsumsi

Jenis Ikan Laut Berikut jenis ikan air laut untuk dikonsumsi dan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Ikan Salmon Salmon (Oncorhynchus nerka)

Ikan Salsom memiliki daging yang berwarna oranye atau merah tua. Ikan salmon memiliki asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3. Ada beragam manfaat ikan salmon yang baik untuk mencegah peradangan, mengatur pembekuan darah, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Ikan Kakap

Terdiri dari Ikan kakap merah dan kakap putih biasanya disajikan dalam restoran dan rumah makan. Ikan ini memiliki besar dan dagingnya banyak. Ikan kakap mengandung lemak tidak jenuh salah satunya asam lemak omega-3. Selain itu ikan kakap mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, seng, dan zat besi. Ada juga vitamin yang memenuhi gizi tubuh.

3. Ikan Cakalang

Ikan Cakalang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Habitat ikan ini berada di Samudra Hindia, Pasifik, dan Samudra Atlantik. Ikan cakalang mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Manfaat konsumsi ikan cakalang yaitu mengurangi resiko demensia dan menurunkan kadar gula darah.



4. Ikan Bawal Air Laut

Ikan bawal dibedakan menjadi ikan bawal air tawar dan air laut. Bentuk ikan bawal air laut pipih dan memiliki sirip dada di belakang insang. Ikan bawal kaya nutrisi seperti mineral, kalsium, vitamin, omega-3, dan fosfor. Ikan bawal mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan ini bisa mencegah kolesterol, menyehatkan jantung, dan menjaga tekanan darah.



5. Ikan Sarden

Ikan sarden umumnya dijadikan makanan kaleng atau dalam kemasan. Menurut para ahli, nutrisi dalam tubuh ikan sarden yaitu kalsium, zat besi, protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12. Ikan sarden baik dikonsumsi untuk menjaga fungsi otak dan memperbaiki suasana hati. Konsumsi ikan ini bisa mencegah kecemasan, depresi, dan kesehatan mental. Selain itu, ikan sarden mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan dan kepadatan tulang.


6. Tuna Nutrisi

Dalam ikan tuna adalah vitamin B3, niacin, protein, fosfor, vitamin D, kalium, dan yodium. Di Indonesia ikan tuna banyak dikonsumsi dan dijual dipasaran. Ikan berukuran besar ini di Jepang diolah menjadi makanan khas Jepang sushi dan sashimi. Ikan tuna dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ikan tuna Albakora, ikan tuna Sirip Kuning, ikan tuna Sirip Hitam, ikan tuna Sirip Biru Selatan, ikan tuna mata besar, ikan tongkol, dan cakalang.

7. Ikan Teri

Ikan teri termasuk ikan berukuran kecil untuk dimasak menjadi sayur, tumis, hingga keripik. Meski berukuran kecil, ikan teri baik untuk dikonsumsi anak-anak dan menjaga kesehatan jantung. Ikan teri tidak mengandung gula dan karbohidrat sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, ikan teri mengandung omega-3 yang baik untuk menjaga pertumbuhan otak pada anak-anak.



8. Ikan Layur

Ikan layur tubuhnya ramping, panjang, memiliki banyak gigi, dan warnanya perak. Ikan layur ditemukan di tengah laut dan biasanya hidup berkelompok. Panjang ikan layur umumnya tidak sampai 1 meter. Layur mengandung vitamin dan protein yang baik untuk tubuh. Manfaat layur yaitu mencegah penyakit gondok, mengobati radang, dan menjaga berat badan.

8. Ikan Tenggiri

Ikan tenggirir biasanya menjadi lauk makanan, sayur, sampai keripik. Ciri khas ikan tenggiri adalah memiliki warna putih dan rasanya kuat. Ikan ini mengandung lemak sehat, omega-3, dan vitamin B12. Tenggiri Ikan tenggirir biasanya menjadi lauk makanan, sayur, sampai keripik. Ciri khas ikan tenggiri adalah memiliki warna putih dan rasanya kuat. Ikan ini mengandung lemak sehat, omega-3, dan vitamin B12.


9. Ikan Kerapu

Ikan kerapu saat ini banyak dibudidaya untuk dijual dan dikonsumsi. Ikan kerapu termasuk jenis ikan yang dagingnya gurih untuk diolah menjadi sup ikan, sayur, dan lauk. Jenis ikan kerapu yaitu ikan kerapu macan, lumpur, kerapu batik, kerapu muara, dan kerapu merah. Ikan kerapu dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan protein pada ikan dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan tulang.



10. Ikan Kerapu

Ikan kerapu saat ini banyak dibudidaya untuk dijual dan dikonsumsi. Ikan kerapu termasuk jenis ikan yang dagingnya gurih untuk diolah menjadi sup ikan, sayur, dan lauk. Jenis ikan kerapu yaitu ikan kerapu macan, lumpur, kerapu batik, kerapu muara, dan kerapu merah. Ikan kerapu dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan protein pada ikan dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan tulang.

11. Ikan Baronang

Ikan Baronang merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut. Dalam bahasa Inggris ikan ini disebut rabbitfish karena termasuk ikan pemakan rumput laut. Di Indonesia macam ikan baronang dikenal sebagai Baronang susu, baronang lada, dan baronang angin. Ikan baronang termasuk ikan dengan kandungan vitamin A yang tinggi.

12. Ikan Kuwe

Ikan kuwe atau kuwe gerong adalah ikan tangkapan umum di kawasan tropis Indo-Pasifik. Ikan ini mudah sekali dikenali dari dahinya yang tampak besar dengan warna tubuh keperakan semburat kuning. Ikan kuwe kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Ikan kuwe juga kaya akan kalsium, vitamin D, serta vitamin C.

13. Ikan Kod

Ikan kod termasuk macam ikan dengan kandungan nutrisi tinggi. Kod merupakan spesies yang penting untuk pemancingan profesional. Ikan putih bersisik ini merupakan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B-12 yang bagus. Hati ikan kod diproses untuk memproduksi minyak hati kod.

14. Ikan Trout

Secara fisik, ikan trout bentuknya hampir sama dengan ikan salmon. Mengutip dari sehatq.com, 100 gram ikan trout mengandung 19,94 gram protein dan 4,3 microgram vitamin B12. Ikan trout baik dikonsumsi karena rendah merkuri.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa Jenis Ikan Laut Konsumsi yang Kaya Nutrisi, semoga bermanfaat.